Ada Apa Malam Ini? #part1

#AAMI

Dialog yang panjang (hingga ku-menunda belajar Elka 2 ku.. yaelaah dibahas..jgn mengganggu flow)..

Malam ini..dimulai dari sore tadi, kajian bedah tabloid Al Hikmah di Masjid Al Furqon UPI. Dengan style sok ngebut di kemacetan ): memboncengi mba P kami berangkat dari masjid Salman..(wuzzzz)

Berlanjut, malamnya, mba P nanya2..
Pertanyaan umum, “di Suriah ada apa?”
Aaaak…(rada2 cape ngulang, tp gmn lagi)

Panjang bahasannya, dari disetelin video “This is not a trailer movie, this is Syria” yang diunduh dari web kesayangan (Youtube)..
Lalu ceramah Syaikh ‘Areifi yang membangkitkan getaran ukhuwah Islam, membuat siapapun menjadi memiliki cita2 yang menawan, pergi ke bumi Syams, bumi Allah yang diberkahi.
Dan terakhir video Ustadz Angga Dimas, relawan Hasi yang diberangkatkan Suriah. Video ceramah beliau di tabligh akbar di Riau.



focus on what?

bu, bolehkah aku benar2 fokus membina diri utk memperbaiki diriku?

menghafal quran, memahami tafsirnya, menguasai fiqh yg benar2 dibutuhkan, belajar bahasa arab, serta belajar menjadi pendidik yang baik.

– – –
Na, kamu bilang gitu seakan ngga bisa ngelakuin hal itu sekarang. Sebegitu sulit ya beban hidupmu? Kamu orang paling menderita sehingga ngga bisa ngelakuin hal2 di atas?
Kamu kaya di penjara, bener2 ngga bisa ngapa2in kalo belum keluar dari sana.

Toh kamu bisa memulai intronya dari sekarang. Masalah nanti orangtua setuju apa ngga..
Ya Allaah…kamu ngga yakin Dia akan nolong kamu?!

– – –

Jangan S2 selain agama!
Mending S1 Lipia, atau S2 UIKA atau Imarat gak papa.
Jangan terpaku label menarik dari dunia. Kamu butuh bekal utk memainkan peran utama.

Focus on : what is your role and what u have to do to make your role is nice?

Mencoba menebak jalan berpikirnya..

I : an sini bantuin, ibu mau ngejus blender-e rewel
A : ya bu
I : tolong pegangin colokannya, kamu siap2 nyabut
A : knpa bu?
I : ini rusak dari kemarin, ibu kan skrg ngejus tiap hari, biar badannya fit

– – lalu blender dinyalakan – –
– – ngiiiiiing gregregregreg ngiiiing – –

A : (dlm ati : knpa nih blender, nyeremin gini suaranya)
I : lah, ibu arep ngejus be rekasa. gimana ini an..?
A : coba dikencengin wadah sm mesin blendernya
I : udah dr td

– – utek utek dan coba lagi – –

A : hmm ngga tau bu..
I : gimana sih kamu, udh disekolahin di tinggi2 di itb, masa gini aja ngga bisa
A : (kagettt…..) lho, emg dsana diajarin cara servis alat2 listrik bu..baru tingkat 3 juga, blm lulus…
I : seengga-nya bisa lah kaya gini aja
A : (sedih dibilang gitu) hmm coba ini buah2nya dikeluarin dulu, trus dicoba alatnya kosongan

– – tombol on dipejet – –
– – ngiiiing grerrrrrrrrrrr – –

A : alhamdulillah jalan
I : alhamdulillah
A : coba masukin satu potong dulu bu, tomat aja itu

– – tombol on dipejet – –
– – ngiiiiiing gregregregreg… – –

A : waduh ga bs lagi ky td
I : pisaunya ngga tajem
A : itu kyanya emg ngga klop putaran mesin sm putaran alatnya bu, trus jg mgkn pisaunya udh tumpul.

* * *

Kebaca keinginan ibu TT
Jangan bikin dia sakit hati… TT
Seriuslah seriuslah dalam berilmu, kerahkan kemampuan maksimalmu..
Bukan cm utk ibu.. org ky km itu jg jd poros peradaban nanti, entah dgn kontribusimu di sana secara langsung, atau dgn pendidikan yg akan kamu lukis kpd anak2mu na.
Terus jd bingung, inget artikel ttg Lipia sm UIKA )’:
Mau fokus kemana?

Apa yg kamu dapet semalem? #3

Apa yg kamu dapet semalem?

Ibunya kerja, anaknya nangis setiap ibunya mau berangkat..

Lalu ibu nyuruh baby sitter nunjukin,
” Ada cicak itu dek, ada berapa itu cicaknya?”

Anak ngga nangis, iya anak ngga nangis.
Tapi ini penipuan..
Kira2 apa yg akan terjadi nanti pas dia SMA?

“Nak, kamu mau kemana? Kok wangi trus dandan gitu tumben? laki2 dandan.”  Tanya si ibu

Jwb anak (yg mau ngapelin pacar),
“Mau belajar sama temen bu, ini biar pantes aja, masa ketemu temen belajar brg aku-nya bau badan.”

Jangan nipu…!!!!

Apa yg kamu dapet semalem? #2

Apa yg kamu dapet semalem?

Kalau anak lagi lari terus jatuh.
Apa responmu?

1 — > “Tuh kan ga usah lari2, nanti jatuh kaya tadi.”

2 –> “Hemm batunya nakal ya, dasar.”

3 –> “Kodoknya lari ya, tuh kodoknya lari..”

4 –> “Kamu kan strong, kamu kuat, gini aja masa sakit..”

^ ^ ^

Kemungkinan yg terjadi?

1 –> Bu..anda telah menggagalkan calon atlet lari marathon nasional..
Lari itu sehat tho bu..masa malah suruh jangan lari….

2 –> Ntar pas dia SMP, lalu nilai matematikanya jelek lalu ibu tanya,
“Nak, kok nilai matematikamu dapet segini?”
Jwb anak, “Gurunya killer.”

3 –> idem, ga beda jauh sama (2) – __

4 –> ntar saat anda berumur 65 tahun, dimana komplikasi menjalar sekujur tubuh, asam urat, gula, darah tinggi. lalu anda bilang ke anak,
“Nak, ibu sakit nak, (sambil nangis)”
Jwb anak, “Ibu, malu udh tua nangis bu. Ibu kan strong.”

Apa yg kamu dapet semalem? #1

Apa yg kamu dapet semalem?

Apa bedanya :

“Nak, cepet bangun, kalo kamu bangun ibu bikinin susu nanti.”

(Sambil agak berbisik)
“Nak, yuk bangun, ibu udah bikinin susu buat kamu, itu di atas meja, bangun ya..”

Apa bedanya?
Ini kemungkinan respon anak :

Yang pertama : anak jadi minta imbalan mulu nanti, “mana susunya, aku udah bangun katanya mau dibikinin susu….”

Yang kedua : anaknya bakal mikir, ibuku baik banget..aku belum bangun udh dibikinin susu (”’:

– – –

dia telah mengisi relung hati (sebelah sini)..

Nasi putih, oseng welok, telur dadar

Adakah masakan yg lbh enak dr masakan sendiri? B)

>> Ada.
Masakan ibu.

|’:

>> cengeng, homesick mulu

Bukan cengeng..
Lagi mikir, kok ada ibu sehebat dia (ibuku).

>> karena ayah itu adalah sosok pahlawan, dan ibu adalah segalanya, bagi anak

Ibuku berhasil, beliau berhasil menjadi segalanya bagiku,
Can i?

>> jadilah seorang ibu yang memberi kesan indah bagi anak, agar anak benar2 mendoakanmu, itu harapan kita bukan?

aku ngga bisa liat kekurangannya kalo udh kangen..
Allah, rasa ini tak kan bisa luput dari relung hati sampai kapanpun.
Indah rasanya mencintai seorang yang mencintai diri dgn penuh kasih.
|”:
Alhamdulillah, atas cinta yang Engkau bagi di antara kami.
Ibuku “segalanya” , namun benar2 Engkau pemilik segala rasa ini.

Semoga aku tidak terjerumus kpd kesyirikan.

Banting Setir ^______^”

Ketika yg terpikir itu Lipia dan UIKA..

>> mau banting setir?

Sy mau fokus ngebentuk anak2, dan sy ngerasa butuh ilmu islam lbh dalam lg.

>> kita butuh ilmuwan yg phm agama lho

Biarlah suami sy aja yg fokus keilmuwan dan perjuangan di jalur itu.

>> yakin?

Utk sementara begitu yg terpikir.

>> biaya?

Penginnya sambil bisnis, sambil kuliah agama, sambil nyari2 peluang dakwah di elektro (lho?), entah dosen di Gontor, bkin industri elektro, atau jd guru di sekolah kaya Khairul Ummah.
Sy ttep ga pengin nyia2in ilmu sy juga.
Dan semua tindakku nnt hrs bnr2 kontribusi utk islam.
And..bnr2 free from VOC yg nyamar jd Huawei, Chevron, Freeport,

>> Idealis, ngga realistis

Sy optimis,

Wallahu a’lamu bi a’daa bikum. (Dan Allah lebih mengetahui ttg musuh2mu)
Wakafaa billahi waliyya. (Dan cukuplah Allah mjd Pelindung)
Wakafaa billahi nashir.
(Dan cukuplah Allah mjd Penolong). -an Nisaa : 45

I’m Just a.. Muslim woman

Bismillaah..

i’m just a woman,
i’m just a muslim woman,

aku ingin, ada suatu tempat di suatu masa,
ketika kuterbangun di pagi harinya..

aku bisa mengecup keningnya,
dia, pelengkap setengah diinku
ingin..
ada rasa yang begitu kuat, rasa keberuntungan yang amat sangat, beruntung aku bisa bersamanya,
beruntung, Allah memilihkannya untukku,

lalu,
aku ingin, ada suatu tempat yang khidmat, pada suatu masa,
ku dapat menyiapkan diriku di sana,
ku mulai membersihkan, membasuh tubuh yang lelah ini dengan percikan aliran air yang sejuk menyejukkan,
di tempat yg teduh nan khidmat,
tempat ku mengadu mempersiapkan kekuatan, kepada-Nya

aku ingin,
ada suatu tempat ketika kuterbangun,
ketika hati sudah terkawal dengan doa,
aku membuka pintu kamar tidurnya, tanpa suara..tanpa decitan engsel pintu.
kuberjalan perlahan,
perlahan,
kukecup keningnya,
hangat terasa,
mereka, yang darahku mengalir pada tubuh yang berbeda,
kecintaan tak logis, namun nyata,
karena fitrah, fitrah suci yang dititipkan oleh Rabbul ‘aalamiin…

ingin kulukis hariku dengan memberi ketulusan kasih kepadanya,
bukan agar ia membalas budi, tidak
namun agar bisa kulukis hatinya dengan bimbingan-Nya,
bukankah mereka aset?
aset doa, aset amal jariyah, aset hidupku,
aset ku utk menyiapkan hujjah di hadapan-Nya?

kuharap,
keindahan surga dunia ini memang takdirku Yaa Rabb…
Engkau Maha Kuasa,
aku hanya mampu berharap dan berdoa,
karena ini ranah kuasa-Mu yang agung,

jauhkan aku dari kesyirikan,
tetapkanlah kami nanti dalam ketaatan yg penuh, kepada-Mu.

aamiin
Allahumma aamiin..