muraqabatullah

Bismillah.

Hati yang terdidik, hati yang terbimbing hanya bisa diperoleh dengan muraqabatullah.

Ia bina dirinya, dengan alasan.
Ia perlakukan lingkungannya, dengan alasan.
Dan ketika ia kehilangan alasan itu, ia merasa sedih, merasa hatinya telah mengeras.
Sehingga ia kuatkan lagi ketaatan utk menguatkan alasan dalam dirinya utk bergerak.
Alasan, ia menjaga itu di setiap langkahnya.

Betapa indah hidupnya.
bukan indah dalam pandangan manusia kebanyakan.
Namun, hatinya tenang, apapun yang dia alami.

Muraqabatullah, solusi terindah di episode hidup setiap anak manusia.

Ada Apa Malam Ini? #part4

#AAMI

banyak petuah yang benar2 indah disampaikan oleh Syaikh ‘Areifi.

(pause vidio)

A : mba, tau maksud tulisan itu? (Ada sekelompok orang yang mengibarkan bendera warna hitam di sebuah menara)
P : ngga na
A : itu tulisannya –> Yaa Husein..
Jadi agama syiah kan memang gitu ya. Syiah Nushairiyah, yang ekstrem ini yang di Suriah, bahkan mereka itu menuhankan Ali dan keturunannya.
Kalo ttg Syiah secara umum, udh tau kan mba?

P : haduh, belum na, huaaa….

A : hmm jadi gini, mulai dari mana ya..?
Intinya sebenernya, Syiah ini salah satu dari 6 sumber penyimpangan aqidah dalam Islam. Panjang banget mba kalo bahas sejarahnya, dari terbunuhnya Utsman bin Affan, dll..panjang bgt )’: lain kali aja ya mba kalo bahas ttg sirohnya.

Kita balik ke Syiah aja. Intinya, mereka menganggap 12 imam mereka itu ma’shum (ngga mungkin berbuat salah). Nah salah satunya(dari 12 imam itu) Husein.
Mereka mengkafirkan sahabat kecuali yg 4 (Ali, Miqdad, Salman, Abu Dzar) dan kecuali keturunan2 Ali.

Agak nyambung juga.
Jadi, mereka itu tiap hari Asyura yang suka menyabetkan golok ke kepala mereka sendiri, rantai ke punggung mereka sendiri, dan bentuk “ratapan” lainnya

P : oh gitu..



Ada Apa Malam Ini? #part3

#AAMI

Entah di potongan pembicaraan yg mana video beralih ke video 2.

A : mba, ini yg khutbah Syaikh ‘Areifi, beliau yang nulis buku Enjoy Your Life
P : ooh iyaa? beliau org Suriah?
A : kurang tau, setauku bukan sih mba
Ini yang tadi disetel pas di masjid upi kan mba.
P : kok bisa sih pemerintahnya ngebunuh rakyatnya sendiri na?

A : tadi dijelasin, pernah kubaca juga artikel yg bahas awal mula revolusi di Suriah.
Jadi, dulu itu selama 40tahun, umat Islam sunni di Suriah dijauhkan dari Islam oleh pemerintahnya. Ya ngga boleh sholat, puasa, dll.
Selama 40tahun itu rakyat juga udah ngerasa tertindas.
Sampe2 waktu itu ada anak kecil, yang nulis di tembok pinggir jalan (yang intinya) “Turun kamu Bashar Assad”

Esok harinya, anak itu menghilang.

Lalu ngga lama setelah dicari2 orangtuanya ngga ketemu..
ditemukan kepala anak kecil tadi di tengah jalan.

P : Ya Allah, sadis bgt

A : lalu rakyat geram..mereka keluar rumah buat demonstrasi..
1hari? ngga.. 1minggu? ngga, belum..6bulan..mereka berdemo
Dan di masa2 demo itu rakyat sipil mulai banyak dibunuh oleh rezim Assad.
Hingga puncaknya, 2011 meletuslah revolusi Suriah, sampai sekarang.



Ada Apa Malam Ini? #part2

#AAMI

Flow pembicaraan “diatur” oleh ketiga video tadi.

A : mba, ini video ttg Suriah yang pertama kuliat.
P : itu kaya film?
A : kaya trailer film, tapi bukan.

“In a world
Where survival, is the only rule
And feeling, have no place
Where winning, is everything
And weakness, is fatal
How much difference, can one person make?
……”

Kami : speechless (Yaa Allah….)

– – –

P : Bashar assad itu siapa na?
A : dia pemerintah Suriah mba. Seorang diktator yang beragama Syi’ah Nushairiyah.
P : gimana sih na, dia ngebunuh rakyatnya gitu?
A : jadi, kedzaliman di Suriah setauku ada sejak Hafiz Assad jadi pemerintah Suriah, terus ada estafet kepemimpinan yang diteruskan ke anaknya, Bashar Assad..dan ini semua atas restu Amerika
P : restu, maksudnya?
A : dipilih lewat demokrasi emang, tapi udah disetting oleh Amerika, meski yang dipake demokrasi. Ya istilah jujurnya sih, ngga ada demokrasi yg tanpa restu Amerika.
P : kaya Soeharto gitu diktator?
A : iya mba. Gini, aku pernah baca analisis sejarah, tentang kediktatoran Soeharto, yang dia itu ternyata “berkiblat” sama sistem diktatornya Hafiz Assad..makanya aktivis2 Islam banyak ngilang, aktivis mahasiswa juga pada ngilang, yang sekiranya “ngganggu”. Ini based on apa yg dilakuin Hafiz Assad.
Dan..ternyata apa yang dilakukan anaknya lebih keji.

Ini Tentang Dosen

Ini ttg dosen.
Evaluasi sekadarnya, semoga bukan ghibah )’:

Ada yg dengan tepat menatap satu per satu mata mahasiswa2nya.
Ada yg memang sengaja hanya melihat anak2 dibarisan depan.
Kemudian ada yg memang tak melihat mata perempuan, yup matanya jauh dari pandangan ke perempuan, meski teman2 jg bnyk yg sudah berjilbab.

Tentang tipe yang ke-3 …
Jujur, inilah tipe dosen yg pas menurutku. Mereka memang (sangat nampak) jujur ingin menyampaikan ilmunya.
Bukan ingin (meski hanya sekedar) melihat yang ‘bening’..bukan..

Hormatku pada mereka semua begitu besar, namun do’a ini seakan memilih..
Ya Rabb, berkahi ilmunya. Tetapkan dia dalam ketaatan kepada-Mu.
Aamiin..Allahumma aamiin..


Do’a dan Ujian Hidup Manusia

pagi menjelang siang @kortim salman

Re : teh aku mau curhat
A : mangga, gmn Re?

Re : tentang keluargaku teh..
Hmmhh..bisa dibilang, keluarga ku bukan berasal dari keluarga yg paham agama
A : (dlm ati : aku juga)
Re : dan bukan dr keluarga ya, keluarga berada gt, bukan
A : hmm iya Re
Re : jadi, hampir setiap hari itu orientasi hidupnya utk cari uang.
A : (matanya Re berkaca-kaca )”: )
Re : tp yg aku sedih teh, dan mereka itu masih termasuk yg lalai dalam agama
A : lalai gmn?
Re : hmm..keluarga ku itu termasuk yg lalai dlm shalat. ibu ku pun gitu.
Karena tiap hari yang dipikir itu uang dan uang, kerja utk dapat uang teh..

A : (yaa Allah…sedih banget denger ini TT.. dan dia mulai nangis..)
Re, Re…(kuusap pundaknya)
kamu punya adik atau kakak?
Re : punya adik 1 kelas 1 SD teh.

A : kamu ada niatan bisnis?
Re : ada teh..tapi aku bingung mulai dari mana..
Teh..
Aku ikut ngaji, jadi paham. Lalu ikut organisasi, kuliah, aku selalu kepikiran mereka teh..istilahnya, aku orgtua aja msh perlu diurus, malah sibuk mikir organisasi..

A : Re, km kok mikirnya begitu..?
Kalau lingkungan keluargamu gmn?

Re : nah, hampir semua begitu teh..bisa dibilang, 80% dari mereka lalai, karena orientasinya itu uang dan uang..

A : begini Re.
Itu kondisi yg berat, setelah aku tau km dgn masalah2mu, kuakui.
Tapi km liat? Ini adalah ladang pahala yang besar banget Re..sebuah anugerah dr Allah utk kamu karena kamu sedih dgn kondisi itu, Allah menggerakkan hatimu, menggetarkan hatimu, utk apa?
Utk sedih? Ya memang, siapapun yg mendengarnya mgkn akan sedih, aku pun begitu..
Tapi ngga berhenti disana say…
Dengan kamu kuliah di sini, dan udah ngaji juga, aku yakin kamu ngga akan lelah mengajak orgtuamu ke surga, dan mengubah kondisi lingkungan desamu utk mjd lebih baik. Utk mengajak mereka ke surga..

Re : alhamdulillah iya teh.
Tp aku nggatau gimana..

A : gini..
aku yakin kamu bisa Re..
kita punya Allah..
DO’A Re..kamu tau? doa itu bukan sekedar sugesti positif yang membangkitkan semangat dalam diri manusia, BUKAN sekedar itu…
Tapi doa itu janji Allah..
Allah berjanji mengabulkan permintaan hamba2Nya yang berdoa…
Berdoalah apa adanya..
Ya Allah bantu aku, tolong aku….apa permintaanmu sebutkan, dengan YAKIN.
Ini yg penting, kita yakin Allah pasti mewujudkan apa yg kita pinta, dan sebutkan alasannya..
Ini ilmu yg ngena banget kudapet dari ustadz Yusuf Mansur, dan ini yg paling ngena buat aku pribadi :
Kualitas hidup seseorang itu ditentukan dari kualitas do’anya dia..

Re : doa ya teh

A : ada lagi. kamu tulis apa yg kamu ingin lakukan, tulis aja tulis…lalu tuliskan step2 cara yg terpikir
Doa ke Allah, lalu lakukan step2 itu.
Misal km pengin ortumu ngga lagi tenaganya habis utk cari uang, km ingin memberi mereka uang, bisnis misal.
Km terpikir bisnis apa, gmn cara ngelakuinnya, tanya org2 yg sekiranya bs ditanya perihal itu, lalu lakukan.
Juga hal2 lainnya.

Re : gitu ya teh

A : apa poinnya? Kondisimu emg begini, lalu apa? Sedih , kepikiran terus dan berhenti disana?
Ngga Re, inilah makna hidup..jadi org yg manfaat, sbg lahan ibadah..
kamu udah ditunjukkan lahan oleh Allah, tinggal digarap lahannya.
Mungkin ketika km liat org lain, enak ya hidupnya, orgtuanya, dll
Udah udah, ujian hidup manusia itu beda2..jgn malah jd lemah..bukan disana penilaiannya, karena itu udah given dari Allah.

Re : iya bener teh…

A : nah skrg..semangat yaa… aku seneng km terbuka gini… jd kita bs sharing2.. (‘:
Semangat yaa Re..

Re : iya teh, makasih teh, makasih banyak..

A : sipp..eh kita nge-jus yuk..



Habit-ku

since NOW.
HABIT akan jadi sangatlah penting bagiku n_n

1) menulis disini? okey…!  –JELAJAHI JALAN INI LEBIH SERING (agar dari kebun gandum ini terbentuk jalan setapak yang mempermudah jalan ku)

2) menulis di facebook? pikir2 lagi..(3 akun lain? #ups itu kendala..bagi-bagi amanah lah na) — SESEKALI SAJA lewati jalan ini

3) komitmen belajar? komitmen dengan jadwal harian jam-mu yang telah dibuat susah payah itu? –YUP, JELAJAHI JALAN ITU SETIAP HARI, agar menjadi HABIT

4) komitmen weekend belajar agama serius? –JELAJAHI DENGAN YAKIN

5) fokus di kelas, ngga ngantuk? –JELAJAHI JALAN ITU, ini AWAL KEBERHASILAN DALAM KEFAHAMAN, gimanapun caranyaa >__<

6) sedekah juga HABIT? haha, kurangi jatah makan (jajan) dong ah –KOMIT LAH, SAKINAH FINANCE UDAH BACA KAN

7) dhuha tahajud tilawah? ini benar2 HABIT na… –KEEP IN THIS WAY, KEMBALI KE JALAN INI JIKA KHILAF/FUTUR MEMBELOKKAN

8) tahfidz? weekend minimal sehalaman lah semasa kuliah na.. –TRY FOR A MONTH, JUST A MONTH

jazakallah khayr ustadz +Felix Siauw 

tabiat,

Mereka itu kalo ngomong blak2an, tabiat itu tabiat..

>> masa sih mba?
Aku ngga biasa denger orang ngomong kasar e

Kalo gitu komunikasikan aja, beres tho..kalo dia masih kayak gitu?

>> nah pripun mba?

Hehehe, ya sing sabar dhek
Kalo sama2 keras, ngga bakal jadi

>> tertekan hidupku mba?

Kan ada Allah…
Kalau dia keras, kamu lembutkan. Kalau dia keras, kamunya juga keras. Ngga bisa, ngga awet ngga.
Minta ke Allah supaya kamu bisa tetap memberikan yg terbaik karena Allah, dan dia diberikan kelunakan.

>> aku ragu mba

Godaan shaytan itu
Maju dhek. Buat apa ekspresi awalmu itu kamu tunjukkan ke aku kalau kamu ngga yakin dengan pilihanmu itu.
Kurange opo tho?

>> ngga tau mba

Kurangnya kemantapan hatimu utk skrg berarti.
Yang namanya proses mengenal itu ngga cm diawal, tp seumur hidup dhek..

>> iya tha mba?

Dengan apa? Komunikasi sekali lagi (‘:
Maju ya. Semoga Allah memberkahi.