Ada Apa Malam Ini? #part1

#AAMI

Dialog yang panjang (hingga ku-menunda belajar Elka 2 ku.. yaelaah dibahas..jgn mengganggu flow)..

Malam ini..dimulai dari sore tadi, kajian bedah tabloid Al Hikmah di Masjid Al Furqon UPI. Dengan style sok ngebut di kemacetan ): memboncengi mba P kami berangkat dari masjid Salman..(wuzzzz)

Berlanjut, malamnya, mba P nanya2..
Pertanyaan umum, “di Suriah ada apa?”
Aaaak…(rada2 cape ngulang, tp gmn lagi)

Panjang bahasannya, dari disetelin video “This is not a trailer movie, this is Syria” yang diunduh dari web kesayangan (Youtube)..
Lalu ceramah Syaikh ‘Areifi yang membangkitkan getaran ukhuwah Islam, membuat siapapun menjadi memiliki cita2 yang menawan, pergi ke bumi Syams, bumi Allah yang diberkahi.
Dan terakhir video Ustadz Angga Dimas, relawan Hasi yang diberangkatkan Suriah. Video ceramah beliau di tabligh akbar di Riau.



(keluhan kecil)

errrrrrr…..
malam ini, kantuk terasa ceppat terjadinya ketika folder ‘Kuliah’ dimainkan..
namun jadi ter-canceled reaksi kantuk itu ketika yg dimainkan adalah folder ‘030214’ .. atau folder ‘Amanah’ ..
(font kecil, ngomong dalam ati –> padahal kuliah itu amanah)

semoga cuma malam iniiiiii :v
alibi malam ini! Hahaha
tapi ingaaaaat, malam ini saja!
malam ini sahaja!

* * *

(kepalan tangan kecil) Allahuakbar !
*gaya ubn yg cool
*suaranya gak keras2 amat tapi mantep

Terkadang perempuan…

Seringkali memang perempuan hanya perlu didengarkan masalahnya.
Tak perlu dikasih solusi bahkan terkadang, karena biasanya mereka sudah tau solusinya.
Yang diperlukan itu..
“Semangat Na, kita sama2 berjuang ^^9 kamu pasti bisa..”

– – –

A : pr-ku numpuk, ada 3 lah buat besok. gag ngerti lagi deh..
H : iya kita kadang emg suka SKS, sistem kebut semalam, bisa sih, tp ngga maksimal biasanya
A : (jleb) iya nih ):

– – –

Udah Na, niat menasihati mereka memang baik kok.
Jangan manja, haha penginnya didengerin dan ngga dikritik.

Ke laut aja klo gag mau dikritik..haha

Bismillaah…
bantu aku Yaa Rabb…utk selalu husnudzon )’:

Tak Kuasa Menerima

Allah…
(sejujurnya aku) hanya ingin mencari yang shaleh, yang bisa turut mendidik generasi2 yg akan hidup hanya utk diin ini, hanya untuk-Mu..

kenapa…(harus) “mereka” yg begitu yg hadir?
ketika tak ada kecondongan sedikitpun, aku tak kuasa(menerima) yaa Rabb….
mana bisa? T___T
mana bisa?
bagi hati ini, itu adalah masukan yg invalid )””:

kuyakin, layaknya pena Zakariya..itu ada, aku yakin pada-Mu..itu ada

Do’a dan Ujian Hidup Manusia

pagi menjelang siang @kortim salman

Re : teh aku mau curhat
A : mangga, gmn Re?

Re : tentang keluargaku teh..
Hmmhh..bisa dibilang, keluarga ku bukan berasal dari keluarga yg paham agama
A : (dlm ati : aku juga)
Re : dan bukan dr keluarga ya, keluarga berada gt, bukan
A : hmm iya Re
Re : jadi, hampir setiap hari itu orientasi hidupnya utk cari uang.
A : (matanya Re berkaca-kaca )”: )
Re : tp yg aku sedih teh, dan mereka itu masih termasuk yg lalai dalam agama
A : lalai gmn?
Re : hmm..keluarga ku itu termasuk yg lalai dlm shalat. ibu ku pun gitu.
Karena tiap hari yang dipikir itu uang dan uang, kerja utk dapat uang teh..

A : (yaa Allah…sedih banget denger ini TT.. dan dia mulai nangis..)
Re, Re…(kuusap pundaknya)
kamu punya adik atau kakak?
Re : punya adik 1 kelas 1 SD teh.

A : kamu ada niatan bisnis?
Re : ada teh..tapi aku bingung mulai dari mana..
Teh..
Aku ikut ngaji, jadi paham. Lalu ikut organisasi, kuliah, aku selalu kepikiran mereka teh..istilahnya, aku orgtua aja msh perlu diurus, malah sibuk mikir organisasi..

A : Re, km kok mikirnya begitu..?
Kalau lingkungan keluargamu gmn?

Re : nah, hampir semua begitu teh..bisa dibilang, 80% dari mereka lalai, karena orientasinya itu uang dan uang..

A : begini Re.
Itu kondisi yg berat, setelah aku tau km dgn masalah2mu, kuakui.
Tapi km liat? Ini adalah ladang pahala yang besar banget Re..sebuah anugerah dr Allah utk kamu karena kamu sedih dgn kondisi itu, Allah menggerakkan hatimu, menggetarkan hatimu, utk apa?
Utk sedih? Ya memang, siapapun yg mendengarnya mgkn akan sedih, aku pun begitu..
Tapi ngga berhenti disana say…
Dengan kamu kuliah di sini, dan udah ngaji juga, aku yakin kamu ngga akan lelah mengajak orgtuamu ke surga, dan mengubah kondisi lingkungan desamu utk mjd lebih baik. Utk mengajak mereka ke surga..

Re : alhamdulillah iya teh.
Tp aku nggatau gimana..

A : gini..
aku yakin kamu bisa Re..
kita punya Allah..
DO’A Re..kamu tau? doa itu bukan sekedar sugesti positif yang membangkitkan semangat dalam diri manusia, BUKAN sekedar itu…
Tapi doa itu janji Allah..
Allah berjanji mengabulkan permintaan hamba2Nya yang berdoa…
Berdoalah apa adanya..
Ya Allah bantu aku, tolong aku….apa permintaanmu sebutkan, dengan YAKIN.
Ini yg penting, kita yakin Allah pasti mewujudkan apa yg kita pinta, dan sebutkan alasannya..
Ini ilmu yg ngena banget kudapet dari ustadz Yusuf Mansur, dan ini yg paling ngena buat aku pribadi :
Kualitas hidup seseorang itu ditentukan dari kualitas do’anya dia..

Re : doa ya teh

A : ada lagi. kamu tulis apa yg kamu ingin lakukan, tulis aja tulis…lalu tuliskan step2 cara yg terpikir
Doa ke Allah, lalu lakukan step2 itu.
Misal km pengin ortumu ngga lagi tenaganya habis utk cari uang, km ingin memberi mereka uang, bisnis misal.
Km terpikir bisnis apa, gmn cara ngelakuinnya, tanya org2 yg sekiranya bs ditanya perihal itu, lalu lakukan.
Juga hal2 lainnya.

Re : gitu ya teh

A : apa poinnya? Kondisimu emg begini, lalu apa? Sedih , kepikiran terus dan berhenti disana?
Ngga Re, inilah makna hidup..jadi org yg manfaat, sbg lahan ibadah..
kamu udah ditunjukkan lahan oleh Allah, tinggal digarap lahannya.
Mungkin ketika km liat org lain, enak ya hidupnya, orgtuanya, dll
Udah udah, ujian hidup manusia itu beda2..jgn malah jd lemah..bukan disana penilaiannya, karena itu udah given dari Allah.

Re : iya bener teh…

A : nah skrg..semangat yaa… aku seneng km terbuka gini… jd kita bs sharing2.. (‘:
Semangat yaa Re..

Re : iya teh, makasih teh, makasih banyak..

A : sipp..eh kita nge-jus yuk..



Pengusaha Dadakan >_<

Allahuakbar!!!!

Mba, kamu dikasih sesuatu sama Allah yg indah banget, dikasih duren runtuh,

Ah. Kisahmu malam ini cukup membangkitkan semangatku yg lain mba.

Ant : Aku itu habis ditinggalin na sama pemimpin perusahaanku
A : lho?
Ant : iya. Jadi aku kan kerja di perusahaan yang bikin sabun kan. sabun2 ini dipasok utk perusahaan t*lk**.
A : sabun apa mba?
Ant : sabun macem2, sabun cuci tangan, sabun utk pel lantai, sabun kaca, dll banyak lah
A : ohya trus mba?
Ant : iya, jadi..katanya kaya ada korupsi dana gitu. aku kan sempet megang keuangannya juga, jadi mandan ngerti lah.
A : kalo ibuku ya mba, dia kan sempet jadi bendahara koperasi di sekolah.
Nah itu biasanya ada buku induk koperasi.
Jadi cashflow dari awal sampe kepengurusan sebelum ibuku itu ketauan.
Juga kebayang gimana ngatur dan ngejalanin dan ngeval ttg keuangan koperasi pas ibuku megang waktu itu.
Kalo gitu kan transparan ya. Kuncinya itu sih mba kalo masalah uang, dicatet dan transparansi.

Ant : iya harusnya gitu kan ya. Tapi ini aku ngga.
Aku pas disuruh pegang uang ya udah disuruh mulai dari nol.
Katanya, udah kamu ngurusin yg sekarang aja.
Trus ya gitu, ternyata ada kasus..

A : hmm
Ant : ada kasus indikasi korupsi gitu. Sampe akhirnya…
Senin kemarin, dari ber7 yg ngurusin perusahaan, tinggal aku sama temenku M***
A : lho yg 5 orang?

Ant : mereka kan cowo itu 5-5nya, udah jadi petinggi juga di T*lk**
Nah mereka lebih memilih jabatannya dia di sana daripada ngurus perusahaan ini.
Ya , katanya ‘kami kan laki2, punya tanggung jawab ke istri dan anak2 kami. jadi, kalian aja lah yg pegang perusahaan ini.’
Kan karena skrg udh ngga ada kontrak ke t*lk*-nya, harus milih mau kemana..ke perusahaan ini atau ke t*lk*

A : mereka jadi petinggi disana?
Ant : iya, ada yg udh jadi kepala satpam nya T*lk** se-Jawa, ada yg udh jadi petinggi di keuangannya

A : mba ditinggalin gitu aja? dikasih dipasrahin perusahaan itu gitu aja berarti?
Ant : ya gitu An. Sebenernya aku masih sebel sama mereka itu. Dzalim mereka itu… ):

A : hmm..iyasih mba.
Tapi mba..mba ngeliat kan peluang itu?
Mba dikasih perusahaan..! Aaaaaa ><
Baru lulus kimia itb, kerja ngga ada setaun, trus tiba2 dikasih perusahaan….
ma syaa Allah keren banget lah mba.
Ibarat durian runtuh banget

Ant : iya sih na..
A : trus kurang apa? Ohya coba deh mba, ini berarti mba Ant tinggal ngejalanin aja kan? Aset2 perusahaan udah dipasrahin gitu aja?

Ant : iya, aset berjalan dan aset ngga berjalan. semuanya.
Mesin2, kan mahal ya kalo beli sendiri.

A : iyalah mba. Orang kebanyakan yg mau wirausaha itu pasti berat banget di awal. Kudu ngerelain banyak buat modal, belum tekanan dari luar ya ortu atau istri.
Nah ini mba antika dikasih perusahaan…
Aaaaaaaaaa keren parah mba

Ant : iya na, tapi bingung..aku kemarin nangis2 sama mira.
'Mir, ini gimana ini mir.. T_T'
Kita blm tau apa2 tiba2 ditinggalin dan kita harus ngejalanin perusahaan dan ngegaji karyawan

A : itu resiko mba. Hidup itu isinya pilihan2. Mau milih jadi apa?
Apa yg kita lakuin skrg itu cerminan kita esok.
Kalo skrg nya males2an ga niat ngapa2in, jadi apa nanti ya ketebak. Tapi kalo skrgnya kita usaha, niat kita kuat, step2 yg mau dilakuin jelas, apa yg kebentuk esok ya tercermin dari skrg.
Mba dikasih keajaiban sama Allah, tinggal mau dimanfaatin ngga itu.

Ant : iya bener An.

A : aku ada kenalan, dosen TI. Bagus banget, beliau tau banget banyak hal, gimana cara bangun perusahaan, dari sisi ekonomi, engineer, sosial, harus diperhatikan, juga regulasi dll…

etc etc etc etc

till night.
perbincangan yg panjaaaaang lama, kemana-mana, dan mbrisiki ini kami tutup dgn melihat pemandangan jembatan layang Pasopati yang sekarang menyala2 berwarna warni led yg indah.

kami bertiga, kami gamas (keluarga mahasiswa banyumas), kami gamais, kami smansa pwt, kami muslimah.
kami saling menilik mimpi, tadi.
kimia '09, kimia '09, elektro '11

Proposal Part #6

Y : mba kamu tau Ma’had Aly Annur?

A : ya pernah denger, kenapa gt?

Y : apa yg mba tau?

A : bagus sih ma’hadnya, sefiqroh sm kita, kenapa dhek?

Y : nda papa mba

A : ohya katanya sih lulusan ma’had aly annur biasa ketemunya sm akhwat2 FK UNS

Y : nda mesti ah mba

A : ya ngga mesti emg, kan biasanya..hayo…knapa dhek?

Y : xixixi

A : ih aneh deh. Jaga hati lho, mentang2 kuliah di UNS haha

Y : do’ain aja ya mba

A : beneran dhek? wahwah beruntunglah dirimu..

Y : mending sama lulusan pesantren / ma’had atau lulusan teknik ya mba?

A : kamu kok nanya-nya gitu? ada 2 apa dhek? haha adikku sudah dewasa..

Y : ya gitulah mba,

A : istikharah aja, lalu musyawarah sm bapak ibu
Jangan sampai menodong bapak ibumu, kalau emang udh ada rencana, bicarakan perlahan dari sekarang.

Y : ini tuh yg kemarin kuceritain mba

A : hmm iya iya, perjuangkan aja, sholeh kayaknya in syaa Allah. dia udah tau kamu?

Y : udah mba

A : – __ -” biasa deh,

Y : agak was2 juga jdnya, kok bisa2nya

A : emg bikin khawatir. makanya kalau ngaji pake niqob atau masker deh

Y : ya mba, in syaa Allah

tabiat,

Mereka itu kalo ngomong blak2an, tabiat itu tabiat..

>> masa sih mba?
Aku ngga biasa denger orang ngomong kasar e

Kalo gitu komunikasikan aja, beres tho..kalo dia masih kayak gitu?

>> nah pripun mba?

Hehehe, ya sing sabar dhek
Kalo sama2 keras, ngga bakal jadi

>> tertekan hidupku mba?

Kan ada Allah…
Kalau dia keras, kamu lembutkan. Kalau dia keras, kamunya juga keras. Ngga bisa, ngga awet ngga.
Minta ke Allah supaya kamu bisa tetap memberikan yg terbaik karena Allah, dan dia diberikan kelunakan.

>> aku ragu mba

Godaan shaytan itu
Maju dhek. Buat apa ekspresi awalmu itu kamu tunjukkan ke aku kalau kamu ngga yakin dengan pilihanmu itu.
Kurange opo tho?

>> ngga tau mba

Kurangnya kemantapan hatimu utk skrg berarti.
Yang namanya proses mengenal itu ngga cm diawal, tp seumur hidup dhek..

>> iya tha mba?

Dengan apa? Komunikasi sekali lagi (‘:
Maju ya. Semoga Allah memberkahi.