Waktu, Hari, won’t go back

Jika hari yang baru menghampirimu maka ucapkanlah kepadanya,” Selamat datang wahai tamu yang mulia” Selanjutnya, jamulah dia dengan sebaik baiknya, yaitu dengan melaksanakan ibadah dan amalan fardhu, menunaikan yang wajib, dan melakukan sholat berulang ulang, Janganlah engkau cemarkan harimu dengan dosa dan kesalahan karena sesungguhnya dia tidak akan kembali lagi.

Jika engkau ingin mengingat masa lalu maka ingatlah saat pertama engkau ingin mengingat hari yang telah dijalani , maka ingatlah apa yang telah berhasil engkau selesaikan saat itu sehingga engkau akan merasa bahagia. Jika engkau ingin mengingat hari esok maka ingatlah mimpi mimpi indahmu agar dirimu menjadi optimis.

Aidh Al Qarny

* * *

great lecture :
Juz 30 [Quranic Gems] – Nouman Ali Khan – Quran Weekly

time won’t go back,
dan ada perhitungan Allah,

Marah itu . . (serem)

* * jika berada dalam kondisi ini…. * *

M : mas ** tuh ya an, kalo marah nyeremin..
A : kok gt mba? Eh tp ini takut ghibah..kecuali mba M yakin aku bs bantu ngasih saran atau solusi dan yakin ak bs dipercaya
M : iya An, mba ngerti, in syaa Allah aku percaya, makanya aku sering cerita k kamu An
A : tp sekadarnya aja ya mba, masalah yg sekiranya mba kubisa bantu aja, jgn smua diceritain
M : iya An..
A : hhe ya sok mba, lanjutin
M : mas ** kalo marah nyeremin, mba M jd takut, bener2 keras orgnya
A : waduh..(rada keringet dingin)
tp ngga main fisik mba?
M : ngga sih, tp kata2nya itu lho, pedes, nyelekit An )’:
A : haduh..mba, udh baca Psikologi Suami Istri yg kuliatin cover bkunya wkt itu?
M : udh An, mba udh baca yg ky gt, tp..
A : butuh kedua belah pihak utk baca bku itumba, gmn tabiat laki2, gmn tabiat perempuan, hrs dipahami keduanya..
M : tp mas ** sibuk banget An..
A : hmm…..sekarang gini aja..
ak ga bs nge handle dr laki2nya, dari mas **
Skrg kemampuanku bs nya nguatin dr mba M aja.
Laki2 itu emang ada yg sifatnya begitu mba (sebacanya aku), trus gmn?
Komunikasi mba, blg cb,
“Mas, aku sangat mnghargai mas, aku seneng ngobrol sm mas..hmm tapi terkadang aku ngga enak kalo dikerasin sm mas, itu terasa sakit mas, jujur..aku cm mngharap mas lbh kalem aja kalo ngomong sama aku. semoga mas bs ngerti, aku sayang dan sangat hormat sm mas, pengorbanan mas thd keluarga ini sungguh besar, aku sangat bahagia memiliki suami yg sangat bertanggung jawab seperti mas, betapa beruntungnya aku. aku hanya ingin berbakti kepada suami, hanya itu, semoga mas bisa mengerti perasaanku. aku cinta mas **, karena Allah.”
ini narasiku aja mba, bs diedit2 sesuai kondisi. Intinya, komunikasi yg halus, pertama, redam emosinya, trus bicarakan, lalu doa(ini di awal juga harusnya), hasilnya serahkan ke Allah.
Semoga mba M bs lbh kuat (:
aku yakin, mba bisa,
semangat mbaa (‘:
M : hmm..mba ayem kalo chat sm kamu An. Makasih ya An, semoga mba M bs lbh kuat, mjd org yg lbh baik nanti.
Mba beruntung punya adik ky kamu.
Makasih ya An.
A : ganbatte mba….

Dialog Cermin..

H : na, aku kira kata2mu agak gak enak didenger
A : masa sih?
H : km lagi dtg bulan?
A : iya, hari ke-4 nih
H : suka kerasa apa klo lg dpt?
A : pegel2, emosi jg agak gak enakan,
H : kenapa bs gitu?
A : mgkn aku yg krg deket sama Allah
H : knp kurang deket sama Allah?
A : gak bs sholat, puasa, baca Quran
H : itu jadi alasan? Kenapa gak ngelakuin hal lain yg bs ningkatin keimanan? Jgn malah banyak ngoceh di facebook
A : *sedih pisan
H : kenapa sedih?
A : ya kondisiku yg ky gini, futur kalo lg dapet. Jdnya gak kejaga
H : knapa gak baca buku amru khalid misal, itu bs ngejaga, banyakin istighfar, banyakin nangis dari istighfar itu
A : iya, H *sedih
H : udh udh, skrg km stabilkan emosimu, banyakin istigfar, banyakin tasbih. dunia ini gak sempurna, terlalu mudah utk dicela..namun, itu hanya menambah ketegangan jika kerjaanmu mencela aja
A : trus gmn?
H : tujuanmu itu memperbaiki kesalahan org lain, bukan menghinakannya, mencaci maki dia, atau bahkan membuat dia malu,
A : iya, H *sedih
H : dekati Allah, maka nanti tutur kata indah yg akan mengalir

Punya Anak (??)

A : bu, berapa hari umurnya dede bayinya?
Ibukos : 10 hari mba anna,
A : aihh, lucu bgt ibu….
mau nambah ngga nih rencana?
Ibukos : udah 4 aja rencana, sakit mba ana..
A : (cemas) sakit banget ya bu?
Ibukos : uahh, ga ada sakit yg sesakit itu mba ana
A : >< bu tapi sy mau minimal punya 4..
Ibukos : minimal?
A : iya, target 8 bu.. ^^”
Ibukos : hah? 8?
A : iya hehe, udh rencana mau difokusin kemana masing2 mereka..mau dijadiin aset nanti hehe
Ibukos : udh ada calonnya?
A : …. (hehe) ya wallahua’lam bu, calon mah ya hampir semua laki2 yg blm jd suami berarti baru calon, hoho
Ibukos : wah, hehehe kayanya bntr lg ya mba anna..ngga pngn lulus dulu?
A : ya, nggatau nnt bu. tergantung nnt gmn. (Sun sun sun dede bayi–> Rafi’i, jd anak sholeh ya nak)
Suka nangis jam brp biasanya bu?
Ibukos : stengah 2 sama subuh biasanya, trus nyusu, lanjut weh buang air pipis,
A : wah,
Ibukos : sehari ada 10kalian ganti popok
A : hehe sering bgt ya bu
Ibukos : iya mba anna
A : tapi nagih ini ibu, smp 4, hhe
Ibukos : iya 4 aja ckup mba anna ibu udh

Pendidikan Anak (?)

A : bsk ak mau dtg k walimah mentorku mba..calonnya anak 2013 lho, hahaha
Pj : eh iyaa? Wahh keren….
A : (cerita banyak yg keren2 ttg mentor ini dan calonnya, dan alur ketemu jodohnya)
Jadi gitu mba,
Pj : wah keren…aku suka cara dia ngambil keputusan..beda gitu..
A : iya mba, akhwatnya jg dr face nya adem, polos, cantik..ya cocok lah sm ikhwannya yg ilmunya udh super itu.

* * random theme, tiba2 loncat * *

Pj : ohya na, ak jd inget yg Islamic Smart Teaching itu, yg video dr kamu
A : yup, knp mba?
Pj : katanya yg pendidikannya bagus itu, urutannya Finlandia, Shanghai, China klo ga salah.
A : iya rada inget, tp dlm hal? science?
Pj : sistem pengajaran mgkn ya,
A : oh gt. klo konteksnya ilmu agama, setauku sih Yaman, Suriah, Mesir, ya negara2 yg banyak ulama2 kibar sejak zaman dulu, ninggalin jejak pasti mereka..ada bekasnya, ya entah buku2 atau murid2nya.
Pj : hmm iya, jd inget Koran by Heart. Rifdha, yg anak perempuan itu..ayahnya kan pengen anaknya ini dpt pendidikan di Yaman, mau hijrah gitu kan.. segitunya gitu perjuangannya..
A : ya, this is our deen (:
Agama ini yg concern dr perihal keluarga, cuma Islam. dari pemilihan calon suami/istri ada rambu2nya, berlanjut bgmn agar ada cinta tulus yg tumbuh di antara keduanya, bgmn ngurus anak, gmn pendidikan ke anak seharusnya, nah dari keluarga yg manis ini tumbuh pejuang2 diin yg akan menjadi ujung tombak tegaknya Islam mba.
Indah bgt yak. Jd gak heran sm ayahnya Rifdha, yg pengin anaknya disekolahin di Yaman. Anak itu asetnya dia, mau dibentuk ky gimana anaknya, trgntung orgtua..aset amal jariyah, aset utk meninggalkan jejak perjuangan Islam, wah pahala orgtua yg cerdas gitu ngalir terussss (”’:
Pj : wah iya na bner bner,,, kaya juri Koran by Heart. Islam udh ngatur ini semua, aktivitas dr kita tidur smp tidur lagi.
Jd selama sisa waktuku di Bandung, ak mau serius nih belajar.
A : belajar Islam serius mksdnya?
Pj : iya, ak kan S2 paling setahun lagi. Km mah msh lama, br semester 5.
A : sipsipppppp (y)

gumam kecil, di Ahad sore

Ukhti..
Tetehku..
My sister..
engkau cantik hari itu,
gamismu cantik nan menarik bagi mataku, mata yg tak terbiasa melihat engkau mengenakan gamis secantik itu..
hmmmhh #helanapas

dengan kerudung yg match,
aku tak pernah sebelumnya melihat gamis itu engkau pakai,

warna gamis itu soft,
lembut,
krem agak putih khimarnya,
gamisnya..sewarna, tapi ada hijau toska-nya..

hari apa memangnya?
*gumamku
hari yang spesial kah?
jika ya, ngapain disini (lokasi ketemuan di Masjid Salman)
walimah maksudnya..(ngapain di salman kalo ini hari walimahnya, harusnya ya di lokasi nikahannya dong)
tapi aku gak diundang?

ngga ternyata..
ya walimah,
tp sebagai tamu undangan..
bukan mempelai
#oooh

tapi, tapi..
utk apa teh?
utk apa dandan secantik itu? (bagiku itu cantik)
lebih tepatnya,
untuk siapa..
untuk ‘mata’ siapa?
perlukah menjadi ‘berbeda’?(lebih cantik saat kondangan)

khimar, gamis(atau atas bawahan), sepatu,
hari itu berbeda…
engkau nampak cantik teteh2ku..

aku saja terpesona,
aku saja terpana,
lelaki ajnabi bagaimana kabar?(include ikhwan2)

#RenunganAhad
di #MusimNikah

Berbaiklah, Berakhlaklah, Rangkul, lalu Berjalan, dan Berlari

Mencari kesamaan itu penting,
Mencari kesaman itu kebutuhan,

Ajaklah mereka yg sama2 mau ke surga,
Ajaklah mereka yg sama2 mau berubah ke arah lebih baik, ke arah Allah,
atau yg terlihat ada sedikit niatan kesana, minimal ada kemauan, tak apa.
tapi memang ada prioritas,
ada yang layak didahului,
yaa mereka yg mau dulu, mereka yg hatinya udh nge-link dulu,

rangkul, rangkul, jika berjalan dengan perlahan,
genggam tangannya, jika kondisi mengharuskan utk berlari

buat barisan yang panjang,
buat strategi manuver yang menawan tatkala di depan terlihat musuh bersiap menghadang barisan ini,

sembari membuat celah2 baru, yang isinya orang2 baru,
pejuang2 baru,
yang hatinya udh nge-link,

Allahumma,
pertemukan aku dengan mereka,
satu orang tak apa, dua orang lebih baik, tiga orang apalagi.
jika harus membuat dan merintis barisan itu di sini,
tak mengapa,
Mudahkan aku utk melihat jalanMu,

Allahumma aamiin

Mencela Hujan, cukup..

Bsimillah,

Plis, jangan mencela hujan…

“Allahumma shoyyiban naafi’aa ~Ya Allah, turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat~.”
-di Adabul Mufrod

Ingat2 disini
http://rumaysho.com/belajar-islam/amalan/2795-beberapa-amalan-ketika-turun-hujan.html

* * *

hampir2 setiap ketemu orang,
“iya nih hujan, jd kepater di kampus, trus jdnya sholat di salman dulu, baru pinjem payung.”

jelas bukan nada org bahagia saat ngomong gini.
)’:
In other words : ini celaan kpd hujan

* * *

kalo seneng/bahagia, plis kalem dikit..
(misal : ujian medan take home, kalem dikit, tahmid aja)

kalo sedih/kecewa, diam utk meredam kesedihan, dan beneran redam pelan2, bukan malah diumbar.
(misal : hujan tadi ; ujian dadakan ; download dikit lagi malah gagal ; dosen telat masuk ; pas ngantri di antrian apapun, tugas numpuk ; sakit pas haid ; dosen agak abstrak) *lho, ngasih contoh keluhan itu banyaaak )’: *

Maafkan aku jika tak sengaja mencelamu, hujan.
Maafkan aku.
Lisan ini masih buruk.

Tahan celaan.
Just enjoy your life,

#EnjoyYourLife #SyaikhAreifi

Sharing Semalam . .

bismillah,
sharing tadi malem itu butuh ya,
aku dengan masa2 hidupku, utk diambil hikmahnya,
pun teteh dgn masa2 hidup tth, utk diambil hikmahnya,
meski mengorbankan waktu malam minggu (yg bs dipake buat belajar atau ngelakuin hal lain),
aku rasa, kapan lagi (:
meski sering kita ngobrol2, sharing2,
gak bosan,
dan we will need this,
semoga Allah memberkahi sharing2 semalam,

tentang paradigma dakwah, ttg aaei, ttg dosen medanku, ttg kuliah, ttg anak, ttg adik laki2mu, ttg dakwah ke orgtua, ttg ustadz yg berpengaruh besar, ttg NU, ttg Syi’ah, ttg Nashrani, ttg pesantren, ttg firqah2 Islam, ttg buku yg menurut kita bagus banget, ttg Israel, ttg Perang Akhir Zaman,
dan lain~lain

can i make the resume?
too much,
too secret,
i’ll keep it myself
(:

alhamdulilaah

Koran by Heart #2

Nabiollah, Rifdha, Djamil…
You’re my inspirators….
di film Koran by Heart, film ttg kontes tahfidz Quran di Mesir..
meski bnyk plus minusnya, tp banyak positif yg bs ditemukan..

“Aku tidak mengajarkan apapun kepada anakku, sebelum Al Quran kuajarkan..” (y)

“Aku menginginkan pendidikan terbaik untuk anakku, ia akan kusekolahkan di Yaman nanti.” –> di Yaman ada apa ya? kudu tau nih, ulama2 kibar ada dmn aja, biar anak2ku bs belajar di sana

“Al Quran adalah satu2nya buku yg bisa dihapal seluruhnya, tanpa perlu tau artinya(terjemahnya).” –> iya sih, tapi klo ga ngerti artinya, ngga bs ngehayatin..agak krg seide sm statement ini. Al Quran ada utk menghidupi hati manusia, bkn cm dihafal lisan.

“Al Quran is not just a miraculous book, it’s a guide book of life..” –> ini setuju berat

Overall..
Merinding…
Tantangan buat ane… (y)
sebagai seorang perempuan, calon istri, calon ibu.