Do’a dan Ujian Hidup Manusia

pagi menjelang siang @kortim salman

Re : teh aku mau curhat
A : mangga, gmn Re?

Re : tentang keluargaku teh..
Hmmhh..bisa dibilang, keluarga ku bukan berasal dari keluarga yg paham agama
A : (dlm ati : aku juga)
Re : dan bukan dr keluarga ya, keluarga berada gt, bukan
A : hmm iya Re
Re : jadi, hampir setiap hari itu orientasi hidupnya utk cari uang.
A : (matanya Re berkaca-kaca )”: )
Re : tp yg aku sedih teh, dan mereka itu masih termasuk yg lalai dalam agama
A : lalai gmn?
Re : hmm..keluarga ku itu termasuk yg lalai dlm shalat. ibu ku pun gitu.
Karena tiap hari yang dipikir itu uang dan uang, kerja utk dapat uang teh..

A : (yaa Allah…sedih banget denger ini TT.. dan dia mulai nangis..)
Re, Re…(kuusap pundaknya)
kamu punya adik atau kakak?
Re : punya adik 1 kelas 1 SD teh.

A : kamu ada niatan bisnis?
Re : ada teh..tapi aku bingung mulai dari mana..
Teh..
Aku ikut ngaji, jadi paham. Lalu ikut organisasi, kuliah, aku selalu kepikiran mereka teh..istilahnya, aku orgtua aja msh perlu diurus, malah sibuk mikir organisasi..

A : Re, km kok mikirnya begitu..?
Kalau lingkungan keluargamu gmn?

Re : nah, hampir semua begitu teh..bisa dibilang, 80% dari mereka lalai, karena orientasinya itu uang dan uang..

A : begini Re.
Itu kondisi yg berat, setelah aku tau km dgn masalah2mu, kuakui.
Tapi km liat? Ini adalah ladang pahala yang besar banget Re..sebuah anugerah dr Allah utk kamu karena kamu sedih dgn kondisi itu, Allah menggerakkan hatimu, menggetarkan hatimu, utk apa?
Utk sedih? Ya memang, siapapun yg mendengarnya mgkn akan sedih, aku pun begitu..
Tapi ngga berhenti disana say…
Dengan kamu kuliah di sini, dan udah ngaji juga, aku yakin kamu ngga akan lelah mengajak orgtuamu ke surga, dan mengubah kondisi lingkungan desamu utk mjd lebih baik. Utk mengajak mereka ke surga..

Re : alhamdulillah iya teh.
Tp aku nggatau gimana..

A : gini..
aku yakin kamu bisa Re..
kita punya Allah..
DO’A Re..kamu tau? doa itu bukan sekedar sugesti positif yang membangkitkan semangat dalam diri manusia, BUKAN sekedar itu…
Tapi doa itu janji Allah..
Allah berjanji mengabulkan permintaan hamba2Nya yang berdoa…
Berdoalah apa adanya..
Ya Allah bantu aku, tolong aku….apa permintaanmu sebutkan, dengan YAKIN.
Ini yg penting, kita yakin Allah pasti mewujudkan apa yg kita pinta, dan sebutkan alasannya..
Ini ilmu yg ngena banget kudapet dari ustadz Yusuf Mansur, dan ini yg paling ngena buat aku pribadi :
Kualitas hidup seseorang itu ditentukan dari kualitas do’anya dia..

Re : doa ya teh

A : ada lagi. kamu tulis apa yg kamu ingin lakukan, tulis aja tulis…lalu tuliskan step2 cara yg terpikir
Doa ke Allah, lalu lakukan step2 itu.
Misal km pengin ortumu ngga lagi tenaganya habis utk cari uang, km ingin memberi mereka uang, bisnis misal.
Km terpikir bisnis apa, gmn cara ngelakuinnya, tanya org2 yg sekiranya bs ditanya perihal itu, lalu lakukan.
Juga hal2 lainnya.

Re : gitu ya teh

A : apa poinnya? Kondisimu emg begini, lalu apa? Sedih , kepikiran terus dan berhenti disana?
Ngga Re, inilah makna hidup..jadi org yg manfaat, sbg lahan ibadah..
kamu udah ditunjukkan lahan oleh Allah, tinggal digarap lahannya.
Mungkin ketika km liat org lain, enak ya hidupnya, orgtuanya, dll
Udah udah, ujian hidup manusia itu beda2..jgn malah jd lemah..bukan disana penilaiannya, karena itu udah given dari Allah.

Re : iya bener teh…

A : nah skrg..semangat yaa… aku seneng km terbuka gini… jd kita bs sharing2.. (‘:
Semangat yaa Re..

Re : iya teh, makasih teh, makasih banyak..

A : sipp..eh kita nge-jus yuk..



Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s