Proposal Part #4

Di : Na
Dah tidur?

A : Blm Di, knp gt?

Di : Aku udah crita ke ortu soal nikah
Udah aku tebak mereka bakal bilang apa

A : then?

Di : Kekeh ngga bisa
Sebelum aku lulus
Aku dah nangis2 di depan mereka

A : ibu atau keduanya?

Di : Kkeduanya

A : Udh kemukakan dalil dan alasan?

Di : Udah aku kemukKan. Ya bilangnya aku terlalu fanatik.
Mereka nganggap aku terlalu fanatik agama, pokoknya ngga boleh..
Gpp pacaran asalkan positif..
Sedih

A : Yaudah, berarti tgs kamu mmg masih banyak Di,
Apa?
Memahamkan mereka, perlahan.
Mmg ngga bisa ujug2 jadi.

Di : Iya, ngga bisa ujug2

A : sulit bin susah

Di : Tiap hari aku udah doa biar bisa disegerakan nikah dgn laki2 saleh..

Aku mikir si ikhwan ini jawaban doaku.
Aku kmrn mimpiin si ikhwan ini, tp lupa mimpi apa.

A : Bunga tidur aja itu mah, hehe

Di : Mungkin ya.. krn terlalu kepikiran
Sedih sama alasan ortuku

A : Di…
Ini bukan masalah berani dan siap (sepertinya).
Ini tentang waktu.
Siapa tau malah kita mati dulu.
tak ada yg tau.

siapa tau memang dia bukanlah “dia”.
tapi, ya memang masih di hidden oleh Allah, siapa dan kapan-nya

Di : Bilangnya juga, kalau bisa ya nungu selesai s2

A : ah, biasa ortu,
mainnya emosi klo udh gni, jgn masukin hati

kita mikirnya hrs ttep logis,
gimana pelan2 memahamkan mereka

Di : Aku takut jatuh ke zina na
Ortu mikirnya imanku kuat
Tapi siapa yang tau

A : Ya puasa klo gt,
mau gmn lagi coba.

Di : Puasa bukan jaminan
Kecuali puasa ramadhan

A : Jangan gitu Di..
Kalo gitu bener2 harus loss komunikasi.
Ngga komunikasi itu menenangkan kok lama2, bikin diri makin bijak mnghadapi gejolak emosi yg menekan.

Di : Ngga ada yg menghalangi selain ijin ortu

A : Ada.
Takdir Allah.

Di : Aku udah ngrasa suka ke ikhwannya..

A : Suka boleh, ke siapapun (ini fitrah)
Yang pntg ada kendali di hati dan di otak.

Memang sebagian ortu itu diktator yg “memaksakan” emosinya.

trus sebagai anak gmn?
sabar teh..sabar

Di : …
Iya
Inshaa Allah

A : Rasa ke-nggak tegaan ortu lama2 bs luluh kalo kita ngga ikut emosi.

Di : Apa aku block aja ya fbnya?

A : Yup

Di : Pesimis ortu luluh sebelum aku lulus
Seringkali imanku lemah

A : Di, km lg ngga kalem aja skrg, wajar kok

Di : Tp ortu juga mikirnya gmn nanti kuliahku, gmn nanti kalau punya anak, masa kuliah mau sambil gendong anak..
Gmn nanti kalau tiba2 suami nyruh km berenti kuliah, otomatis km wajib taat,

A : Pasti ortu mikirnya ksana, apalagi yg kepikir selain kamu kdepannya gmn.
Jd emg ga bs ujug2, skali lg.
mereka bkn org yg paham, pun ortuku

Di : Apalagi ya yg hrs kujelasin
dlm wkt dekat.. ?

A : Ngga ada.
diam dulu.

Di : Sampai kapan ya na

A : Senangkan hati mereka, bkn dgn bhasan ini
Tulis apa yg kamu rasakan skrg.
Besok baca lg, lusa baca lagi, baca lagi.
nanti bakal kerasa sesuatu..
dan akan kebayang apa yg sekiranya next step yg bs dilakuin.
Inilah namanya meredam emosi, dan perlahan ini akan mengembalikan logika (mencairkan suasana hati) utk gmn cari jalan kluar.(pengalaman)

Di : Pengen tidur mlah skrg.. pedes krn nangis2 td

A : Enak lho klo lg perasaan pedes kita nulis
kaya ngomong berduaan dgn hati sendiri

Di : Hehe..matanya pedes.

A : Tp besok jg gpp

Di : Inshaa Allah
Nitip doa ya na.. semoga dilancarkan semuanya

A : Aamiin Allahumma aamiin…

* * sesi BKMA (biro konsultasi menikah aktivis) * *
* nama disamarkan

Leave a Reply

