temenan sholat-e ya…(sambil ngaca)

ini simpel…

tapi penting…

setelah bahas ttg ruh sholat (sholat khusyu),

pngn nih share ilmu ttg gerakan sholat,

simple but REALLY IMPORTANT…

our whole life is good when our shalat is good 🙂 ini penilaian di padang mahsyar nanti..

silakan dipraktekkan ukhti… 😉

simpel dan mudah diinget kok, nanti kalau mau dalil rinci bisa kpn2 kubuat notes -nya in syaa Allah…..

1. NIAT .. ulama sepakat ngga boleh dilafadzkan, dlm hati ajaa sipp?

2.TAKBIR ..

– angkat 4jari sejajar telinga bag.atas, jempol sejajar telinga bagian bawah

– pergelangan sejajar pundak

– lalu disimpan di depan dada(digenggam/diletakkan aja).

– baca IFTITAH lalu AL FATHIHAH (perhatian : tajwid ngga boleh salah sedikitpuuuun)

3.RUKUK.. genggam erat lutut, punggung lurus

4.I’TIDAL.. sm ky takbir tangannya

5.SUJUD..

– tangan dulu -sekali lagi, TANGAN 1st- jgn lutut dulu, hadis yg bilang lutut dlu itu hadisnya lemah, jd ngga bs diamalkan

– posisi antara badan dan paha harus jauh hingga anak domba bisa jalan melaluinya (beneran ini), jgn smp paha nempel dgn perut, tapi iiinget PERHATIKAN KONDISI JAMAAH, kalo sempit jgn maksain

6.DUDUK ANTARA DUA SUJUD.. jari jemari semuanya lurus ke kakbah (tangan n kaki, smuanya)

6.TASYAHUD AKHIR..

– jarinya digerak2in, ada hadisnya knp kita disuruh gerak2in? dlm hadis yg derajatnya hasan ‘setan lbh takut dgn gerakan ini drpd pukulan besi’. tp ngga ada ketentuan kecepatan per menit (haha kebayang repotnya kalo ada). ngga blh pake 2 jari, klo telunjuknya potong/buntung, biarin aja, ngga ush diganti jari lain)

perhatian once more….

ini BUKAN MASALAH SEPELE, masalah sholat itu

yuk mulai sekarang kita care banget dgn akhirat kita, mulai dari hal pokok, sholat.

mulai teliti utk meniti langkah pikiran, hati, dan tubuh untuk mengarahkan diri menuju jannah-Nya..

okesip ukhti?

together we enter jannahh…

AAMIIN…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s